01/03/12

Tipe - Tipe Nen

Tipe-tipe Nen


Gon dengan kekampuan Kyoka nya
Kyōka (強化) / Enhancement (Reinforcement), bagian yang paling atas, merupakan kemampuan untuk menggunakan aura untuk menambah efisiensi dari sebuah objek atau tubuh seseorang. Maka dari itu, seseorang bertipe kyōka mampu menambah kemampuan serangan dan pertahanan fisiknya secara signifikan, dan sangat cocok untuk pertarungan jarak dekat. Kyōka adalah tipe hatsu yang paling seimbang, memungkinkan pengguna untuk membuat dirinya berada dalam keadaan menyerang dan bertahan dan menjadi sangat kuat hanya dengan menggunakan kamampuan yang sederhana. Contoh dari kemampuan tipe kyōka yang kompleks adalah termasuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk memulihkan dirinya. Pengguna: GonUboginNobunagaPhinx dll.

Razor dengan kemampuan Hoshutsu nya
Hōshutsu (放出) / Emission, bagan yang ada di bagian kiri atas, merupakan kemampuan yang memungkinkan penggunanya mengontrol keadaan auranya ketika terpisah dari tubuhnya. Ini berarti, orang dengan tipe hatsu hōshutsu bisa melepaskan auranya dari tubuhnya tanpa kehilangan kontrol atas auranya. Biasanya aura intensitas aura berkurang sangat cepat ketika terpisah dari tubuh pengguna (karena aura tersebut berada pada jarak yang jauh dari sumber aura tersebut dihasilkan), tapi tipe hōshutsu bisa memisahkan aura dari tubuhnya dalam jangka waktu yang panjang dan masih bisa mengaturnya. Bisa dikatakan, semua hal yang berhubungan dengan jarak bisa dilakukan oleh tipe hōshutsu.
Pengguna: Franklin, Razor, Senritsu, Pokkle dll.

Illumi dengan kemampuan Sosa nya 
Sōsa (操作 ) / Manipulation, merupakan kemampuan untuk mengontrol benda hidup atau pun tak hidup. Kemampuan yang dimiliki pengguna sōsa cenderung lebih rumit dan umumnya membutuhkan kondisi tertentu yang harus dicapai sebelum si pengguna mampu mengontrol objek yang diinginkannya. Bisa diinterpretasikan seseorang yang dikontrol oleh tipe sōsa berarti dia terkena hipnotis. Meskipun begitu, tipe sōsa tidak bisa mengontrol kemauan seseorang, hanya tubuhnya saja.
Pengguna: IllumiShalnarkKalluto dll.

Kurapika dengan kemampuan Gugenka nya
Gugenka (具現化 ) / Conjuration, merupakan kemampuan untuk menciptakan benda atau materi independen dan nyata secara fisik yang berasal dari aura seseorang. Sekali seseorang berhasil menguasai gugenka dan menciptakan materi tertentu, dia bisa memunculkan dan menghilangkannya dalam waktu yang tak berarti, kapan pun dia mau. Gugenka adalah satu-satunya penggunaan nen yang bisa menciptakan benda-benda secara nyata (fisik) di mana semua orang (termasuk orang awam, bukan pengguna Nen) bisa melihat dan menyentuhnya. Benda yang diciptakan melalui gugenka bisa memiliki kemampuan khusus yang ditambahkan kepadanya oleh si pengguna nen dengan syarat-syarat (kondisi) tertentu yang harus dipenuhi. kemampuan gugenka haruslah sangat spesifik, kompleks dan kondisional (memenuhi kondisi yang ditentukan). Syarat kondisi yang ditambahkan pada materi gugenka adalah untuk membuat kekuatannya jauh lebih kuat.
Pengguna: KurapikaKaitoShizukuKorutopi dll.

Killua dengan kemampuan Henka nya
Henka (変化 ) / Transmutation (Transformation), bagan yang ada di bagian kanan atas, merupakan kemampuan untuk mengubah properti aura untuk meniru bentuk benda lain. Bentuk yang diciptakan melalui henka sebenarnya adalah aura, hanya saja perwujudannya tidak seperti aura. Secara sederhana, aura yang ada hanya meniru komponen pembentuknya saja, tidak berubah menjadi benda tersebut (meniru sifat-sifat pembentuknya dan sifat-sifat benda itu sendiri, misal: meniru sifat elektronnya, meniru sifat asamnya, meniru sifat lengketnya, dll.). Jadi, pengguna henka bisa membuat auranya meniru sifat dari suatu benda (baik nyata atau pun imajiner). Meskipun begitu, jika seorang pengguna henka ingin meniru sifat / properti dari suatu benda, tidak berarti seluruh sifat / propertinya ditiru, pengguna henka bisa menentukan untuk hanya meniru yang penting-penting saja. Orang yang tidak menguasai Nen (tidak bisa melihat aura) tidak bisa untuk melihat substansi yang dibentuk oleh henka (karena substansi yang terbentuk itu masih merupakan aura).
Pengguna: Killua (Nen nya meniru listrik), Hisoka, Bisuke, Machi dll.

Gugenka jadi Tokushitsu saat mata jadi merah
Tokushitsu (特質) / Specialization, adalah kemampuan nen yang tidak termasuk dalam 5 kategori lainnya. Ini adalah kategori kemampuan yang paling berbeda dan sulit dijelaskan karena sama sekali tidak dapat dihubungkan dengan kelima tipe nen lainnya, tapi ada juga yang berdasarkan kelima kategori tipe nen lainnya. Misalnya: seorang bertipe tokushitsu bisa saja menguasai seluruh kemampuan nen yang ada (kelima jenis nen) sekaligus dan ada pula yang memiliki kemampuan yang sama sekali berbeda dari kelima jenis nen yang ada (kemampuan spesial). Jenis kemampuan yang muncul pada seorang tokushitsu tidak memiliki hubungan dan kesamaan sifat dengan pengguna tokushitsu lainnya (berbeda dengan 5 jenis nen yang lain). Misal: meskipun dua orang pengguna gugenka menciptakan kemampuan dan jurus yang berbeda, tetapi sifat dan konsep dasar kemampuan atau kekuatan mereka sama. Seorang tokushitsu dapat dikatakan seorang yang menguasai semua 5 jenis nen lainnya dengan efisiensi 100% (sehingga mampu menciptakan kemampuan-kemampuan spesial yang berbeda dan unik). Hal-hal spesial yang berhubungan dengan kehidupan, kematian, aura, waktu, takdir atau nasib, pikiran dan lainnya dapat dilakukan oleh seorang tokushitsu. Dalam karakter yang dapat dijadikan contoh adalah Kurapika, dia bertipe Gugenka dan bisa menciptakan rantai Nen, tapi dia spesialisasikan sehingga rantai itu hanya bisa menyerang Genei Ryodan dan memberi mereka semacam perintah (seperti yang terjadi pada Pakunoda dan Kuroro ). Pemilik Nen ini mempunyai sifat mandiri dan karismatik. Pengguna: KuroroPakunoda, Knuckle, Nefelpitou, Kurapika.



Anda sedang membaca artikel tentang Tipe - Tipe Nen dan anda bisa menemukan artikel Tipe - Tipe Nen ini dengan url http://hunterxhunterisland.blogspot.com/2012/03/tipe-tipe-nen.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tipe - Tipe Nen ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tipe - Tipe Nen sumbernya.

0 comments:

Poskan Komentar

Pedoman Berkomentar:
1. Berkomentarlah dengan kalimat yang sopan (NO SARA!).
2. Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM.
3. Dilarang menggunakan nama ANONIM (Anonymous).
4. Dilarang pula meletakkan link hidup dalam komentar.

-Komentar yang mengabaikan Pedoman diatas akan DIHAPUS-